Al-Qur'an harus dipegang teguh
اِنَّ هذَا الْقُرْانَ يَهْدِيْ لِلَّتِي هِيَ اَقْوَمُ وَ يُبَشّرُ
الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ الصّلِحتِ اَنَّ لَهُمْ اَجْرًا
كَبِيْرًا.
الاسراء: 9
Sesungguhnya
Al-Qur'an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi
kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal shalih bahwa bagi
mereka ada pahala yang besar, [QS. Al-Israa' :
9]
وَ كَذلِكَ اَوْحَيْنَآ اِلَيْكَ رُوْحًا مّنْ اَمْرِنَا، مَا كُنْتَ
تَدْرِيْ مَا الْكِتبُ وَلاَ اْلاِيْمَانُ وَ لكِنْ جَعَلْنهُ نُوْرًا نَّهْدِيْ
بِه مَنْ نَّشَآءُ مِنْ عِبَادِنَا، وَ اِنَّكَ لَتَهْدِيْ اِلى صِرَاطٍ
مُّسْتَقِيْمٍ.
الشورى: 52
Dan
demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al-Qur'an) dengan perintah Kami.
Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al-Kitab (Al-Qur'an) dan tidak pula
mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al-Qur'an itu cahaya, yang
Kami tunjuki dengan dia siapa yang Kami kehendaki diantara hamba-hamba Kami. Dan
sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang
lurus.
[QS. Asy-Syuuraa : 52]
اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: تَرَكْتُ فِيْكُمْ اَمْرَيْنِ لَنْ
تَضِلُّوْا مَا مَسَكْتُمْ بِهِمَا كِتَابَ اللهِ وَ سُنَّةَ نَبِيّهِ. مالك، فى الموطأ 2: 899
Sesungguhnya
Rasulullah SAW bersabda, "Kutinggalkan pada kamu sekalian dua perkara yang
kalian tidak akan sesat apabila kalian berpegang teguh kepada keduanya, yaitu :
Kitab Allah dan sunnah Nabi-Nya".
[HR. Malik dalam Al-Muwaththa’
juz 2, hal. 899]
عَنْ زَيْدِ بْنِ اَرْقَمَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اَمَّا بَعْدُ اَلاَ اَيُّهَا النَّاسُ فَاِنَّمَا اَنَا
بَشَرٌ يُوْشِكُ اَنْ يَأْتِىَ رَسُوْلُ رَبّى فَاُجِيْبَ وَ اَنَا تَارِكٌ
فِيْكُمْ ثَقَلَيْنِ، اَوَّلُهُمَا كِتَابُ اللهِ،
فِيْهِ الْهُدَى وَالنُّوْرُ فَخُذُوْا بِكِتَابِ اللهِ وَاسْتَمْسِكُوْا بِهِ.
فَحَثَّ عَلَى كِتَابِ اللهِ وَ رَغَّبَ فِيْهِ ثُمَّ قَالَ: وَ اَهْلُ بَيْتِى
اُذَكّرُكُمُ اللهَ فِى اَهْلِ بَيْتِىْ، اُذَكّرُكُمُ اللهَ فِى اَهْلِ بَيْتِىْ،
اُذَكّرُكُمُ اللهَ فِىْ اَهْلِ بَيْتِىْ. فَقَالَ لَهُ حُصَيْنٌ: وَ مَنْ اَهْلُ
بَيْتِهِ يَا زَيْدُ، اَلَيْسَ نِسَاؤُهُ مِنْ اَهْلِ بَيْتِهِ؟ قَالَ: نِسَاؤُهُ
مِنْ اَهْلِ بَيْتِهِ وَ لكِنْ اَهْلُ بَيْتِهِ مَنْ حُرِمَ الصَّدَقَةَ بَعْدَهُ.
قَالَ: وَمَنْ هُمْ؟ قَالَ هُمْ آلُ عَلِىّ، وَآلُ عَقِيْلٍ، وَآلُ جَعْفَرٍ، وَآلُ
عَبَّاسٍ. قَالَ: كُلُّ هؤُلآَءِ حُرِمَ الصَّدَقَةَ؟ قَالَ:
نَعَمْ.
مسلم 4: 1873
Dari
Zaid bin Arqam, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Adapun sesudah itu,
ketahuilah hai manusia, maka sesungguhnya aku hanyalah seorang manusia biasa,
yang hampir-hampir utusan Tuhanku (malaikat) datang menjemputku, lalu akupun
menyambutnya. Dan aku meninggalkan pada kalian dua hal yang berat, yang pertama
adalah Kitab Allah, di dalamnya ada petunjuk dan cahaya yang terang benderang.
Maka ambillah Kitab Allah dan berpegang teguhlah kepadanya". (Zaid bin Arqam)
berkata : Maka Rasulullah SAW menganjurkan supaya berpegang teguh kepada Kitab
Allah (Al-Qur'an) dan mencintainya. Kemudian beliau bersabda, "Dan ahli baitku,
aku mengingatkan kalian kepada Allah supaya memperhatikan ahli baitku. Aku
mengingatkan kalian kepada Allah supaya memperhatikan ahli baitku. Aku
mengingatkan kalian kepada Allah supaya memperhatikan ahli baitku". Kemudian
Hushain bertanya kepada Zaid bin Arqam, "Wahai Zaid, bukankah para istri
Rasulullah SAW itu ahli bait beliau ?". Zaid bin Arqam menjawab, "Para istri
beliau itu adalah ahli bait beliau. Tetapi (yang dimaksudkan beliau) ialah
supaya sepeninggal beliau, memperhatikan orang-orang yang diharamkan memakan
harta zakat". (Hushain) bertanya lagi, "Siapa mereka itu ?". Zaid bin Arqam
menjawab, "Mereka itu adalah keluarganya 'Ali, keluarganya 'Aqil, keluarganya
Ja'far dan keluarganya 'Abbas". Hushain berkata, "Apakah semuanya itu diharamkan
memakan harta zakat?". Zaid bin Arqam menjawab, "Ya".
[HR. Muslim juz 4, hal. 1873]
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: كُنَّا عِنْدَ النَّبِيّ ص
فَخَطَّ خَطًّا. وَ خَطَّ خَطَّيْنِ عَنْ يَمِيْنِهِ وَ خَطَّ خَطَّيْنِ عَنْ
يَسَارِهِ ثُمَّ وَضَعَ يَدَهُ فِي الْخَطّ اْلاَوْسَطِ فَقَالَ: هذَا سَبِيْلُ
اللهِ. ثُمَّ تَلاَ هذِهِ اْلآيَةَ: وَ اَنَّ هذَا صِرَاطِيْ مُسْتَقِيْمًا
فَاتَّبِعُوْهُ وَلاَ تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ
سَبِيْلِهِ.
ابن ماجه 1: 6، رقم: 11
Dari
Jabir bin 'Abdullah, ia berkata : Dahulu kami para shahabat ketika sedang duduk
di hadapan Nabi SAW, beliau menggaris sebuah garis, lalu menggaris lagi dua
garis di kanannya, dan dua garis lagi di kirinya. Kemudian beliau meletakkan
tangan beliau pada garis yang di tengah-tengah dan bersabda, "Ini adalah jalan
Allah". Kemudian beliau membaca ayat (yang artinya), "Dan sesungguhnya ini
adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu ikuti
jalan-jalan lain, karena jalan-jalan yang lain itu mencerai-beraikan kamu dari
jalan-Nya". (QS.
Al-An'am : 153)
[HR. Ibnu Majah juz 1, hal. 6, no. 11]
عَنْ طَلْحَةَ بْنِ مُصَرّفٍ قَالَ: سَأَلْتُ عَبْدَ اللهِ بْنَ اَبِي
اَوْفَى رض: هَلْ كَانَ النَّبِيُّ ص اَوْصَى؟ فَقَالَ: لَا. فَقُلْتُ: كَيْفَ
كُتِبَ عَلَى النَّاسِ الْوَصِيَّةُ اَوْ اُمِرُوْا بِالْوَصِيَّةِ؟ قَالَ: اَوْصَى
بِكِتَابِ اللهِ.
البخارى 3: 186
Dari
Thalhah bin Musharrif, ia berkata : Aku bertanya kepada 'Abdullah bin Abu Aufaa
RA, "Apakah dahulu Nabi SAW berwashiyat ?". Ia menjawab, "Tidak". Aku bertanya
lagi, "Mengapa diwajibkan bagi manusia untuk berwashiyat, atau diperintahkan
untuk berwashiyat ?". Ia berkata, "Beliau berwashiyat dengan Kitab
Allah".
[HR. Bukhariy juz 3, hal. 186]
عَنْ عَمْرٍو عَنْ يَحْيَى بْنِ جَعْدَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص اُتِيَ
بِكِتَابٍ فِي كَتْفٍ، فَقَالَ: كَفَى بِقَوْمٍ ضَلاَلَةً اَنْ يَبْتَغُوْا
كِتَابًا غَيْرَ كِتَابِهِمْ اِلَى نَبِيّ غَيْرِ نَبِيّهِمْ، فَاَنْزَلَ اللهُ
عَزَّ وَجَلَّ: (اَوَلَمْ يَكْفِهِمْ اَنَّا اَنْزَلْنَا عَلَيْكَ الْكِتبَ يُتْلى
عَلَيْهِمْ). ابو داود فى المراسيل ص 236، رقم: 454
Dari
'Amr, dari Yahya bin Ja'dah, bahwasanya pernah didatangkan kepada Nabi SAW kitab
yang tertulis pada lembaran-lembaran, maka beliau bersabda, "Cukuplah kesesatan
bagi kaum yang mencari kitab selain kitab mereka yang dibawa oleh Nabi selain
Nabi mereka". Kemudian Allah 'Azza wa Jalla menurunkan ayat (yang artinya)
"Apakah belum cukup bahwa Kami menurunkan kepadamu Kitab yang dibacakan kepada
mereka" (QS. Al-'Ankabuut : 51).
[HR. Abu Dawud dalam Maraasiil hal. 236, no. 454, mursal]
قَالَ عُمَرُ اَمَا اِنَّ نَبِيَّكُمْ ص قَدْ قَالَ: اِنَّ اللهَ
يَرْفَعُ بِهذَا الْكِتَابِ اَقْوَامًا وَ يَضَعُ بِهِ آخَرِيْنَ. مسلم 1: 559
'Umar (bin Khaththab RA) berkata : Ketahuilah, sesungguhnya Nabi
kalian SAW pernah bersabda, "Sesungguhnya Allah mengangkat derajat beberapa kaum
dengan Kitab Al-Qur'an ini, dan merendahkan kaum-kaum yang lain dengannya
pula".
[HR. Muslim juz 1, hal. 559]
عَنْ مُحَمَّدِ بن جُبَيْرِ بن مُطْعِمٍ عَنْ اَبِيْهِ قَالَ: كُنَّا
مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص بِالْجُحْفَةِ، فَخَرَجَ عَلَيْنَا فَقَالَ: اَلَيْسَ
تَشْهَدُوْنَ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ، وَ اَنّي رَسُوْلُ اللهِ، وَ اَنَّ
الْقُرْآنَ جَاءَ مِنْ عِنْدِ اللهِ؟ قُلْنَا: نَعَمْ. قَالَ: فَاَبْشِرُوْا
فَاِنَّ هذَا الْقُرْآنَ طَرَفُهُ بِيَدِ اللهِ، وَطَرَفُهُ بِاَيْدِيْكُمْ ،
فَتَمَسَّكُوْا بِهِ، وَلاَ تُهْلَكُوْا بَعْدَهُ اَبَدًا.
الطبرانى فى الكبير 2: 126، رقم: 1539
Dari
Muhammad bin Jubair bin Muth'im, dari ayahnya, ia berkata : Ketika kami berada
di Juhfah bersama Rasulullah SAW, beliau menemui kami lalu bersabda, "Bukankah
kalian sudah bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan sesungguhnya aku
Rasulullah, dan sesungguhnya Al-Qur'an datang dari sisi Allah ?". Kami berkata,
"Ya, sudah". Beliau bersabda, "Maka bergembiralah kalian, karena Al-Qur'an ini
satu ujungnya di tangan Allah, dan ujung yang lain ditangan kalian. Maka
berpegang teguhlah dengannya, niscaya kalian tidak akan celaka
selamanya".
[HR. Thabrani, dalam Al-Mu'jamul Kabir juz 2, hal. 126, no. 1539, dla'if karena
dalam sanadnya ada perawi bernama Abu 'Ubadah Az-Zuraqiy, ia matrukul
hadits]
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص فِي
حَجَّتِهِ يَوْمَ عَرَفَةَ وَهُوَ عَلَى نَاقَتِهِ القَصْوَاءِ يَخْطُبُ،
فَسَمِعْتُهُ يَقُوْلُ: يَا اَيُّهَا النَّاسُ، اِنّيْ تَرَكْتُ فِيْكُمْ مَا اِنْ
اَخَذْتُمْ بِهِ لَنْ تَضِلُّوْا: كِتَابَ اللهِ، وَ عِتْرَتِي اَهْلَ
بَيْتِي.
الترمذى 5: 327، رقم: 3874
Dari
Jabir bin 'Abdullah, ia berkata : Aku melihat Rasulullah SAW pada waktu hajji
beliau, pada hari 'Arafah, beliau berkhutbah di atas untanya Al-Qashwaa', aku
mendengar beliau bersabda, "Wahai manusia, sesungguhnya aku tinggalkan pada
kalian sesuatu yang apabila kalian memakainya kalian tidak akan sesat, yaitu
Kitab Allah, dan keluarga ahli baitku". [[HR. Tirmidzi juz 5, hal. 327, no.
3874]
عَنْ زَيْدِ بْنِ اَرْقَمَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنّي
تَارِكٌ فِيْكُمْ مَا اِنْ تَمَسَّكْتُمْ بِهِ لَنْ تَضِلُّوْا بَعْدِيْ
اَحَدُهُمَا اَعْظَمُ مِنَ اْلآخَرِ: كِتَابُ اللهِ حَبْلٌ مَمْدُوْدٌ مِنَ
السَّمَاءِ اِلَى اْلاَرْضِ. وَ عِتْرَتِيْ اَهْلُ بَيْتِيْ، وَ لَنْ يَتَفَرَّقَا
حَتَّى يَرِدَا عَلَيَّ اْلحَوْضَ فَانْظُرُوْا كَيْفَ تَخْلُفُوْنِيْ
فِيْهِمَا.
الترمذى 5: 328، 3876
Dari
Zaid bin Arqam, ia berkata : Rasulullah
SAW bersabda, Aku tinggalkan pada kalian sesuatu yang apabila kalian berpegang
dengannya sepeninggalku, kalian tidak akan tersesat. Salah satunya lebih agung
daripada yang lain. Yaitu Kitab Allah yang merupakan tali yang diulur dari
langit ke bumi. Dan keluarga ahli baitku. Dan keduanya tidak akan berpisah
sehingga keduanya datang kepadaku di telaga, maka perhatikanlah bagaimana sikap
kalian terhadap keduanya sepeninggalku".
[HR. Tirmidzi juz 5, hal. 326, no. 3876, ia berkata : Ini hadits hasan
gharib]
عَنْ خَالِدِ الْعَرَنِيّ قَالَ: دَخَلْتُ اَنَا وَ اَبُو سَعِيْدِ
الْخُدْرِيّ عَلَى حُذَيْفَةَ فَقُلْنَا: يَا اَبَا عَبْدِ اللهِ حَدّثْنَا مَا
سَمِعْتَ مِنْ رَسُوْلِ اللهِ ص فِي الْفِتْنَةِ. قَالَ حُذَيْفَةُ: قَالَ رَسُوْلُ
اللهِ ص: دُوْرُوْا مَعَ كِتَابِ اللهِ حَيْثُ مَا دَارَ.
الحاكم فى المستدرك 2: 162، رقم: 2652
Dari
Khalid A-'Araniy, ia berkata, Aku dan Abu Sa'id Al-Khudriy datang kepada
Hudzaifah, lalu kami berkata, "Hai Abu 'Abdillah, sampaikanlah kepada kami apa
yang kamu dengar dari pesan Rasulullah SAW ketika terjadi zaman fitnah".
Hudzaifah berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Beredarlah kalian bersama Kitab
Allah (Al-Qur'an) kemana saja ia beredar".
[HR, Hakim dalam Al-Mustadrak juz 2, hal. 162, no. 2652, dalam sanadnya ada
perawi bernama Muslim bin Kaisan, Al-Fallaas berkata : ia matruukul hadits,
Nasaaiy berkata : matruuk (Mizaanul I'tidaal juz 4, hal. 106, no.
8506]
عَنِ النَّوَّاسِ بْنِ سَمْعَانَ صَاحِبِ النَّبِيّ ص عَنْ رَسُوْلِ
اللهِ ص قَالَ: ضَرَبَ اللهُ مَثَلاً صِرَاطًا مُسْتَقِيْمًا عَلَى كَتِفَيِ
الصّرَاطِ سُوْرَانِ فِيْهِمَا اَبْوَابٌ مُفَتَّحَةٌ وَ عَلَى اْلاَبْوَابِ
سُتُوْرٌ مُرَخَّاةٌ وَ عَلَى الصّرَطِ دَاعٍ يَدْعُوْ يَقُوْلُ : يَا اَيُّهَا
النَّاسُ اُسْلُكُوا الصّرَاطَ جَمِيْعًا وَ لاَ تَعُوْجُوْا، وَ دَاعٍ يَدْعُوْ
عَلَى الصّرَاطِ فَاِذَا اَرَادَ اَحَدُكُمْ فَتَحَ شَيْءً مِنْ تِلْكَ
اْلاَبْوَابِ قَالَ: وَيْلَكَ لاَ تَفْتَحْهُ فَاِنَّكَ اِنْ تَفْتَحْهُ تَلِجْهُ.
فَالصّرَاطُ اْلاِسْلاَمُ، وَ السُّتُوْرُ حُدُوْدُ اللهِ، وَ اْلاَبْوَابُ
الْمُفَتَّحَةُ مَحَارِمُ اللهِ، وَ الدَّاعِي الَّذِيْ عَلَى رَأْسِ الصّرَاطِ
كِتَابُ اللهِ وَ الدَّاعِي مِنْ فَوْقُ وَاعِظُ اللهِ يُذَكّرُ فِي قَلْبِ كُلّ
مُسْلِمٍ. الحاكم فى المستدرك 1: 144، رقم: 245
Dari
Nawwaas bin Sam'aan, shahabat Nabi SAW, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda,
"Allah mengetengahkan perumpamaan dengan jalan yang lurus. Di kiri dan kanan
jalan itu ada dua pagar, yang pada kedua pagar itu ada banyak pintu yang
terbuka, dan pada pintu-pintu tersebut ada tabir yang ditutupkan, sedangkan pada
ujung jalan tersebut ada penyeru yang menyerukan,
"Hai para manusia lewatlah kamu semua di jalan ini, dan janganlah kalian menyimpang. Lalu apabila seseorang diantara kalian ada yang ingin membuka sesuatu dari pintu-pintu tersebut, ada seorang penyeru yang di atas jalan itu yang mengingatkan, "Celaka kamu, jangan kamu buka tabir itu, sungguh jika kamu membukanya, pasti kamu akan memasukinya". Maka yang dimaksud dengan Shirath (jalan) tersebut adalah agama Islam, sedangkan yang dimaksud dengan tabir (tutup) adalah batas-batas Allah. Dan yang dimaksud dengan pintu-pintu yang terbuka tersebut adalah larangan-larangan Allah, yang dimaksud penyeru yang di ujung jalan tersebut adalah Kitab Allah. Sedangkan yang dimaksud dengan penyeru dari atas jalan tersebut adalah nasihat Allah yang mengingatkan di hati setiap muslim". [HR. Hakim dalam Al-Mustadrak juz 1, hal. 144, no. 245]
"Hai para manusia lewatlah kamu semua di jalan ini, dan janganlah kalian menyimpang. Lalu apabila seseorang diantara kalian ada yang ingin membuka sesuatu dari pintu-pintu tersebut, ada seorang penyeru yang di atas jalan itu yang mengingatkan, "Celaka kamu, jangan kamu buka tabir itu, sungguh jika kamu membukanya, pasti kamu akan memasukinya". Maka yang dimaksud dengan Shirath (jalan) tersebut adalah agama Islam, sedangkan yang dimaksud dengan tabir (tutup) adalah batas-batas Allah. Dan yang dimaksud dengan pintu-pintu yang terbuka tersebut adalah larangan-larangan Allah, yang dimaksud penyeru yang di ujung jalan tersebut adalah Kitab Allah. Sedangkan yang dimaksud dengan penyeru dari atas jalan tersebut adalah nasihat Allah yang mengingatkan di hati setiap muslim". [HR. Hakim dalam Al-Mustadrak juz 1, hal. 144, no. 245]
Bersambung………
Uraian
:
Pada
HR Abu Dawud, menunjukkan dengan jelas bahwa suatu kaum atau segolongan ummat,
jika telah meninggalkan kitab yang didatangkan (dibawa) oleh Nabi mereka, karena
akan mengikuti kitab dan menurut pimpinan yang didatangkan (dibawa) oleh selain Nabi mereka,
maka cukuplah kedunguan, kebodohan dan kesesatan mereka itu. Oleh sebab itu,
tidaklah selayaknya bagi ummat Islam, ummat Nabi Muhammad yang sudah jelas
mempunyai kitab Al-Qur'an itu lalu mengikuti pimpinan kitab yang lain
selain Al-Qur'an. Karena Al-Qur'an itu sudah cukup menjadi pedoman hidup bagi
ummat Islam kapan saja dan di semua penjuru dunia.
Pada
HR. Ahmad, menunjukkan bahwa pribadi Nabi SAW itu adalah sebagai manusia biasa,
yang sewaktu-waktu beliau akan kedatangan utusan Allah, yaitu malaikat yang
ditugasi oleh Allah untuk menbambil kembali pribadi beliau ke hadlirat-Nya
(wafat). Oleh sebab itu, sebelum utusan Allah itu datang, beliau berpesan kepada ummatnya dengan dua perkara
yang berat. Salah satu dari perkara itu ialah Kitab Allah (Al-Qur'an) yang di
dalamnya penuh dengan petunjuk dan cahaya yang terang. Orang-orang yang
berpegang teguh kepadanya, mereka tetap di atas petunjuk, dan orang yang
menyalahi mereka, telah tersesat dari petunuk yang benar. Oleh sebab itu segenap
ummat beliau dipesan supaya benar-benar berpegang teguh kepada Kitab Allah
(Al-Qur'an).
Pada
HR. Thabraniy, menunjukkan bahwa Al-Qur'an itu ujungnya di tangan Allah dan
ujung yang lain ada di tangan ummat Islam. Maksudnya, Al-Qur'an itu ada
menghubungkan antara Allah dan para hamba-Nya, yang diturunkan Allah untuk
kepentingan segenap makhluq-Nya, dan membimbing hamba-Nya untuk sampai
kepada-Nya. Oleh sebab itu Nabi SAW memerintahkan supaya seluruh ummatnya
berpegang teguh dengan Al-Qur'an. Karena dengan Al-Qur'an itu ummat Islam tidak
akan sesat dan tidak akann celaka selama-lamanya. Atau dengan kata lain : Selama
ummat Islam berpegang teguh dan sungguh-sungguh mengikuti pimpinan Al-Qur'an,
selama itu pula mereka tidak akan tersesat dari pimpinan di jalan yang
benar dan tidak akan mengalami kebinasaan.
Pada
HR. Ibnu Jarir, menunjukkan bahwa Al-Qur'an itu laksana tali Allah yang diulur
dari langit ke muka bumi, dengan arti bahwa kitab itu supaya dipegang teguh oleh
segenap hamba Allah. Hadits ini sesuai dengan firman Allah SWT
:
وَ اعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللهِ جَمِيْعًا وَّلاَ
تَفَرَّقُوْا. ال عمران: 103
Dan
berpegang teguhlah kalian pada tali (agama) Allah, dan janganlah kalian
bercerai-berai….
[QS. Ali 'Imran : 103]
Yang
dimaksud dengan tali Allah daam ayat ini, menurut kata shahabat Ibnu Mas'ud,
ialah Kitab Allah, yaitu Al-Qur'an.
Pada
HR. Tirmidzi, menunjukkan bahwa yang ditinggalkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk
para ummatnya dan selama ummatnya berpegang teguh kepadanya, tidak akan tersesat
selama-lamanya, ialah :
1.
Kitab Allah (Al-Qur'an), dan
2.
Keluarga atau ahli bait beliau.
Yang
dimaksud dengan 'Itrah atau keluarga di dalam hadits itu ialah para 'ulama yang
tidak pernah bercerai dengan Al-Qur'an dan selalu mengikuti pimpinan Nabi SAW. Jadi
singkatnya, jika manusia mengikuti pimpinan Al-Qur'an dan mengikuti pimpinan para 'ulama yang
selalu mengiuti pimpinan Nabi Muhammad SAW, maka tidaklah akan tersesat
selama-lamanya. Dan untuk menguatkan keterangan ini, nanti akan dipaparkan
beberapa riwayat yang lain, insya Allah.
Pada
hadits riwayat Hakim, menunjukkan bahwa kita ummat Islam diperintah oleh Nabi
SAW supaya beredar mengiktui Kitab Allah (Al-Qur'an) kemana saja beredar. Yakni,
di mana saja dan kapan saja kita diperintahkan supaya tetap berpegang teguh dan
mengikuti pimpinan
Al-Qur'an, meskipun masa beredar dan tempat peredarannya berubah, suasana dan
tempat berpindah, jangan sampai meninggalkan petunjuk dan pimpinan Al-Qur'an.
Pada
HR. Bukhari, menunjukkan bahwa barang yang diwasyitkan oleh Nabi Muhammad SAW
ketika akan wafat ialah Kitab Allah (Al-Qur'an). Jelaslah bahwa kita ummat Islam
supaya mematuhi benar-benar akan pimpinan Al-Qur'an, karena dengan pimpinan Al-Qur'an, jika
benar-benar ummat islam mengikuti pimpinannya, ia akan tetap dalam kemenangan
dan kesejahteraan.
Ibnu
'Abbas pernah berkata :
مَنْ تَعَلَّمَ كِتَابَ اللهِ ثُمَّ اَتْبَعَ مَا فِيْهِ هَدَاهُ اللهُ
مِنَ الضَّلاَلَةِ فِى الدُّنْيَا وَ وَقَاهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سُوْءَ
الْحِسَابِ
Barangsiapa
yang mempelajari Kitab Allah, kemudian mengikuti apa yang di dalamnya, Allah
memimpinnya dari kesesatan di dunia dan memeliharanya kelak, dari penghabisan
yang buruk pada hari qiyamat.
مَنِ اقْتَدَى بِكِتَابِ اللهِ لاَ يَضِلُّ فِى الدُّنْيَا وَ لاَ
يَسْقَى فِى اْلاخِرَةِ. ثُمَّ تَلاَ هذِهِ اْلاَيَةَ: فَمَنِ اتَّبَعَ هُدَايَ
فَلاَ يَضِلُّ وَ لاَ يَسْقى.
Barangsiapa
mengikuti Kitab Allah tidaklah ia akan sesat di dunia, dan tidak celaka di
akhirat. Kemudian beliau membacakan ayat ini (yang artinya), "Maka barangsiapa
mengikuti petunjuk-Ku (Allah), tidaklah ia akan sesat dan tidak pula akan
celaka".
Perlu
diketahui bahwa ayat yang dibacakan Ibnu 'Abbas RA itu dari QS. Thaahaa : 123,
yang ssambungannya sebagai berikut :
وَمَنْ أَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنْكًا
وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى(24) قَالَ رَبِّ لِمَ حَشَرْتَنِي أَعْمَى وَقَدْ كُنْتُ بَصِيرًا(25) قَالَ
كَذَلِكَ أَتَتْكَ آيَاتُنَا فَنَسِيتَهَا وَكَذَلِكَ الْيَوْمَ
تُنْسَى(26) طه 24-26
Dan barangsiapa
berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit,
dan Kami akan menghimpunkannya pada hari qiyamat dalam keadaan
buta".
(24)
Berkatalah ia,
"Ya Tuhanku, mengapa Engkau menghimpunkan aku dalam keadaan buta, padahal aku
dahulunya adalah seorang yang melihat?"
(25)
Allah
berfirman, "Demikianlah, telah datang kepadamu ayat-ayat Kami, maka kamu
melupakannya, dan begitu (pula) pada hari ini kamu pun
dilupakan".
(26) [QS.
Thaahaa : 24-26
Tidak ada komentar:
Posting Komentar