عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: مَنْ قَتَلَ
مُعَاهَدًا لَمْ يَرِحْ رَائِحَةَ اْلجَنَّةِ، وَ اِنَّ رِيْحَهَا لَيُوْجَدُ مِنْ
مَسِيْرَةِ اَرْبَعِيْنَ خَرِيْفًا. احمد و البخارى و النسائى و ابن ماجه
Dari
Abdullah bin ‘Amr dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Barangsiapa yang membunuh
orang (kafir) yang mempunyai ikatan perjanjian, ia tidak akan mencium bau surga,
sedang bau surga itu tercium dari sejauh perjalanan empat puluh
musim”.
[HR. Ahmad, Bukhari, Nasa’i dan Ibnu Majah].
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: اَلاَ مَنْ قَتَلَ
نَفْسًا مُعَاهَدَةً لَهَا ذِمَّةُ اللهِ وَ ذِمَّةُ رَسُوْلِهِ ص. فَقَدْ اَخْفَرَ
ذِمَّةَ اللهِ وَ لاَ يَرِحْ رَائِحَةَ اْلجَنَّةِ، وَ اِنَّ رِيْحَهَا لَيُوْجَدُ
مِنْ مَسِيْرَةِ اَرْبَعِيْنَ خَرِيْفًا. ابن ماجه و الترمذى
Dari
Abu Hurairah RA dari Nabi SAW beliau bersabda, “Ingatlah, barangsiapa yang
membunuh jiwa yang telah mengikat perjanjian, yang memang dia itu mendapat
perlindungan dari Allah dan Rasul-Nya, maka benar-benar ia telah melepaskan
(ikatan) tanggungan Allah dan ia tidak akan mencium bau surga, sedang bau surga
itu tercium dari sejauh perjalanan empat puluh musim”.
[HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi dan
Tirmidzi].
عَنْ اَبِى جُحَيْفَةَ قَالَ: قُلْتُ لِعَلِيٍّ: هَلْ عِنْدَكُمْ شَيْءٌ
مِنَ اْلوَحْيِ مَا لَيْسَ فِى اْلقُرْانِ؟ فَقَالَ: لاَ، وَ الَّذِى فَلَقَ
اْلحَبَّةَ وَ بَرَأَ النَّسَمَةَ اِلاَّ فَهْمًا يُعْطِيْهِ اللهُ رَجُلاً فِى
اْلقُرْانِ وَ مَا فِى هذِهِ الصَّحِيْفَةِ. قُلْتُ: وَ مَا فِى هذِهِ
الصَّحِيْفَةِ؟ قَالَ: اَلْعَقْلُ وَ فِكَاكُ اْلاَسِيْرِ وَ اَنْ لاَ يُقْتَلَ
مُسْلِمٌ بِكَافِرٍ. احمد و البخارى و النسائى و ابو داود و الترمذى
Dari
Abu Juhaifah, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada
Ali, “Apakah engkau mempunyai sesuatu dari wahyu yang tidak termasuk dalam
Al-Qur’an ?”. Kemudian Ali menjawab, “Tidak ! Demi Dzat
yang menumbuhkan biji dan yang menciptakan makhluq, hanya pengertian yang
diberikan oleh Allah kepada seseorang tentang Al-Qur’an dan apa yang ada dalam
shahifah ini”. Aku bertanya, “Apa yang ada dalam shahifah ini
?”. Ali menjawab, “(Hukum-hukum tentang) diyat, melepaskan tawanan dan
tidak dibunuh seorang Islam dengan sebab (membunuh) orang kafir”.
[HR. Ahmad, Bukhari, Nasa’i, Abu Dawud dan Tirmidzi]
عَنْ عَلِيٍّ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اَلْمُؤْمِنُوْنَ
تَتَكَافَأُ دِمَاؤُهُمْ يَدٌ عَلَى مَنْ سِوَاهُمْ وَ يَسْعَى بِذِمَّتِهِمْ
اَدْنَاهُمْ، اَلاَ لاَ يُقْتَلُ مُؤْمِنٌ بِكَافِرٍ وَ لاَ ذُوْ عَهْدٍ فِى
عَهْدِهِ. احمد و النسائى و ابو داود
Dari
Ali RA, sesungguhnya Nabi SAW bersabda, “Orang-orang mukmin itu sama (harga)
darah mereka. Dan mereka bersatu dalam melawan orang lain (musuh). Dan orang-orang yang dipandang rendah dari mereka boleh memberikan
perlindungan (pada orang kafir yang minta perlindungan). Ingatlah tidak boleh seorang mukmin dibunuh sebab (membunuh) orang
kafir dan (tidak boleh dibunuh) orang (kafir) yang telah mengikat janji selama
masa perjanjiannya”.
[HR. Ahmad, Nasa’i dan Abu Dawud].
Keterangan
:
a. Orang mukmin tidak dibalas bunuh karena
membunuh orang kafir, maksudnya orang mukmin tidak dibalas bunuh karena membunuh
orang kafir harbi, yaitu orang kafir yang memusuhi Islam.
b. Adapun terhadap orang mukmin yang membunuh
orang kafir dzimmi (orang kafir yang dalam perlindungan orang Islam), dan kafir
mu’ahad (orang kafir yang ada perjanjian dengan orang Islam) maka hukumnya sama dengan membunuh orang Islam.
2.
Hukuman bagi perampok dan pembunuh.
عَنْ اَبِى قِلاَبَةَ حَدَّثَنِى اَنَسٌ: اَنَّ نَفَرًا مِنْ عُكْلٍ
ثَمَانِيَةً قَدِمُوْا عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ص فَبَايَعُوْهُ عَلَى اْلاِسْلاَمِ
فَاسْتَوْخَمُوا اْلاَرْضَ وَ سَقُمَتْ اَجْسَامُهُمْ، فَشَكَوْا ذلِكَ اِلَى
رَسُوْلِ اللهِ ص فَقَالَ: اَلاَ تَخْرُجُوْنَ مَعَ رَاعِيْنَا فِى اِبِلِهِ
فَتُصِيْبُوْنَ مِنْ اَبْوَالِهَا وَ اَلْبَانِهَا؟ فَقَالُوْا: بَلَى. فَخَرَجُوْا
فَشَرِبُوْا مِنْ اَبْوَالِهَا وَ اَلْبَانِهَا. فَصَحُّوْا. فَقَتَلُوا الرَّاعِيَ
وَ طَرَدُوْا اْلاِبِلَ. فَبَلَغَ ذلِكَ رَسُوْلَ اللهِ ص. فَبَعَثَ فِى آثَارِهِمْ
فَاُدْرِكُوْا فَجِيْءَ بِهِمْ فَاَمَرَ بِهِمْ فَقُطِعَتْ اَيْدِيْهِمْ وَ
اَرْجُلُهُمْ وَ سُمِرَ اَعْيُنُهُمْ ثُمَّ نُبِذُوْا فِى الشَّمْسِ حَتَّى
مَاتُوْا. مسلم
Dari
Abu Qilabah ia berkata, “Anas menceritakan kepadaku
bahwasanya ada sekelompok orang dari suku ‘Ukal sebanyak delapan orang datang
kepada Rasulullah SAW, lalu mereka itu berbai’at kepada beliau untuk masuk
Islam. Kemudian mereka tidak cocok dengan iklim di situ, sehingga sakit. Maka
mereka mengadukan hal tersebut kepada Rasulullah SAW. Beliau bersabda, “Maukah
kalian keluar bersama penggembala kami di tempat untanya sehingga kalian bisa
mendapatkan kencing dan susu unta itu ?”. Mereka menjawab, “Mau”. Lalu mereka keluar dan minum dari
kencing dan susu unta itu, sehingga sembuh. Kemudian
mereka membunuh penggembala, dan membawa lari unta-unta itu, lalu berita itu
sampai kepada Rasulullah SAW, maka beliau mengutus para shahabat untuk mengejar
mereka. Kemudian mereka itu tertangkap dan dibawa (menghadap Nabi SAW). Lalu
Nabi SAW memerintahkan terhadap mereka itu, maka mereka dipotong tangan dan kaki
mereka serta mata mereka dipaku. Kemudian mereka dipanaskan di
terik matahari hingga mati”.
[HR. Muslim juz 3, hal 1296]
عَنْ قَتَادَةَ عَنْ اَنَسٍ اَنَّ نَاسًا مِنْ عُكْلٍ وَ عُرَيْنَةَ
قَدِمُوْا عَلَى النَّبِيِّ ص وَ تَكَلَّمُوْا بِاْلاِسْلاَمِ فَاسْتَوْخَمُوا
اْلمَدِيْنَةَ، فَاَمَرَ لَهُمُ النَّبِيُّ ص بِذَوْدٍ وَ رَاعٍ وَ اَمَرَهُمْ اَنْ
يَخْرُجُوْا فَلْيَشْرَبُوْا مِنْ اَبْوَالِهَا وَ اَلْبَانِهَا فَانْطَلَقُوْا
حَتَّى اِذَا كَانُوْا بِنَاحِيَةِ اْلحَرَّةِ كَفَرُوْا بِاِسْلاَمِهِمْ وَ
قَتَلُوْا رَاعِيَ النَّبِيِّ ص وَ اسْتَاقُوا الذَّوْدَ، فَبَلَغَ ذلِكَ
النَّبِيَّ ص فَبَعَثَ طَلَبَ فِى آثَارِهِمْ، فَاَمَرَ بِهِمْ فَسَمَّرُوْا
اَعْيُنَهُمْ وَ قَطَّعُوْا اَيْدِيَهُمْ. وَ تَرَكُوْا فِى نَاحِيَةِ اْلحَرَّةِ
حَتَّى مَاتُوْا عَلَى حَالِهِمْ. الجماعة
Dari
Qatadah, dari Anas, sesungguhnya (sekelompok) orang dari ‘Ukal dan ’Urainah
datang menghadap Rasulullah SAW dan membicarakan tentang Islam, lalu mereka
terserang penyakit di Madinah, kemudian Nabi SAW memerintahkan untuk mereka agar
dikirim unta dan penggembala, lalu beliau menyuruh mereka supaya keluar untuk
minum kencing dan air susunya (unta), lalu mereka berangkat, sehingga ketika
mereka berada di pinggiran Harrah (nama suatu tempat di Madinah) mereka kufur
sesudah Islam (murtad), serta membunuh penggembala Nabi SAW
dan membawa lari unta-unta tadi. Maka setelah berita itu sampai kepada
Nabi SAW, beliau mengirim utusan untuk mencari jejak mereka dan diperintahkan
(supaya) menangkap mereka. (Setelah tertangkap) lalu matanya
dipaku dan tangannya dipotong serta dibiarkan di pinggiran Harrah itu, sehingga
mati dalam keadaan demikian.
[HR. Jamaah]
و زاد البخارى، قال قتادة: بَلَغَنَا اَنَّ النَّبِيَّ ص بَعْدَ ذلِكَ كَانَ يَحُثُّ عَلَى
الصَّدَقَةِ وَ يَنْهَى عَنِ اْلمُثْلَةِ.
Dan
Bukhari menambah : Qatadah berkata, “Telah sampai
berita kepada kami, bahwa sesudah itu Nabi SAW, menganjurkan untuk bersedekah
dan melarang mencincang”.
عَنْ سُلَيمَانَ التَّيْمِيِّ عَنْ اَنَسٍ قَالَ: اِنَّمَا سَمَّلَ
النَّبِيُّ ص اَعْيُنَ اُولئِكَ ِلاَنَّهُمْ
سَمَّلُوْا اَعْيُنَ الرُّعَاةِ. مسلم النسائى و الترمذى
Dari
Sulaiman At-Taimiy, dari Anas, ia berkata : Nabi SAW
mencungkil mata mereka itu lantaran mereka telah mencungkil mata para
penggembala.
[HR. Muslim, Nasai, dan Tirmidzi].
عَنْ اَبِى الزَّنَادِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص لَمَّا قَطَعَ الَّذِيْنَ
سَرَقُوْا لِقَاحَهُ وَ سَمَّلَ اَعْيُنَهُمْ بِالنَّارِ عَاتَبَهُ اللهُ فِى ذلِكَ
فَاَنْزَلَ { اِنَّمَا جَزَآءُ الَّذِيْنَ يُحَارِبُوْنَ اللهَ وَ رَسُوْلَه وَ
يَسْعَوْنَ فِى اْلاَرْضِ فَسَادًا اَنْ يُّقَتَّلُوْا اَوْ يُصَلَّبُوْا .....
الاية } ابو داود و النسائى
Dari
Abuz Zanaad, sesungguhnya Rasulullah SAW tatkala memotong orang-orang yang
mencuri unta-untanya serta mencungkil mata mereka dengan (dibakar) api itu, lalu Allah mencelanya dalam (perlakuan) yang
demikian itu, seraya menurunkan ayat, “Sesungguhnya balasan orang-orang yang
memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan di muka bumi, hanyalah
mereka itu dibunuh atau disalib ... (QS. Al-Maidah :
33)”.
[HR. Abu Dawud dan Nasai]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ فِى قُطَّاعِ الطَّرِيْقِ: اِذَا قَتَلُوْا اَوْ
اَخَذُوْا اْلمَالَ قَتَلُوْا وَ صَلَّبُوْا، وَ اِذَا قَتَلُوْا وَ لَمْ
يَأْخُذُوا اْلمَالَ قُتِلُوْا وَ لَمْ يُصْلَبُوْا، وَ اِذَا اَخَذُوا اْلمَالَ وَ
لَمْ يَقْتُلُوْا قُطِّعَتْ اَيْدِيْهِمْ وَ اَرْجُلُهُمْ مِنْ خِلاَفٍ، وَ اِذَا
اَخَافُوْا السَّبِيْلَ وَ لَمْ يَأْخُذُوْا مَالاً نُفُوْا مِنَ
اْلاَرْضِ. الشافعى فى مسنده
Dari
Ibnu ‘Abbas RA tentang para perampok, apabila mereka itu membunuh dan merampas
harta, maka mereka harus dibunuh dan disalib.
Apabila mereka itu membunuh tetapi tidak merampas harta, maka mereka cukup
dibunuh tanpa disalib. Dan apabila mereka itu merampas harta tetapi tidak
membunuh, maka tangan dan kakinya dipotong dengan bersilang. Dan apabila mereka
menakut-nakuti (orang yang berjalan), tetapi tidak merampas harta, maka ia cukup diasingkan (dibuang) dari negri (tempat mereka
tinggal).
[HR. Syafi’i dalam musnadnya].
3.
Qishash anggota tubuh
وَ كَتَبْنَا عَلَيْهِمْ فِيْهَا اَنَّ النَّفْسَ بِالنَّفْسِ وَ
الْعَيْنَ بِالْعَيْنِ وَ اْلاَنْفَ بِاْلاَنْفِ وَ اْلاُذُنَ بِاْلاُذُنِ وَ
السّنَّ بِالسّنّ وَ الْجُرُوْحَ قِصَاصٌ، فَمَنْ تَصَدَّقَ بِه فَهُوَ كَفَّارَةٌ
لَّه، وَ مَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللهُ فَاُولئِكَ هُمُ
الظَّالِمُونَ. المائده: 45
Dan
Kami telah tetapkan terhadap mereka di dalamnya (At-Taurat) bahwasanya jiwa
(dibalas) dengan jiwa, mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga dengan
telinga, gigi dengan gigi, dan luka-luka (pun) ada
qishashnya.
Barangsiapa yang melepaskan (hak qishas)nya, maka
melepaskan hak itu (menjadi) penebus dosa baginya. Barangsiapa tidak memutuskan
perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka
itu adalah orang-orang yang dhalim.
[QS. Al-Maidah : 45]
عَنْ اَنَسٍ اَنَّ الرُّبَيِّعَ عَمَّتَهُ كَسَرَتْ ثَنِيَّةَ جَارِيَةٍ
فَطَلَبُوْا اِلَيْهَا اْلعَفْوَ فَاَبَوْا، فَعَرَضُوا اْلاَرْشَ فَاَبَوْا،
فَاَتَوْا رَسُوْلَ اللهِ ص فَاَبَوْا اِلاَّ اْلقِصَاصَ، فَاَمَرَ رَسُوْلُ اللهِ
ص بِاْلقِصَاصِ، فَقَالَ اَنَسُ بْنُ النَّضْرِ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اَتُكْسَرُ
ثَنِيَّةُ اْلرُّبَيِّعِ؟ لاَ وَ الَّذِى بَعَثَكَ بِاْلحَقِّ، لاَ تُكْسَرُ
ثَنِيَّتُهَا؟، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: يَا اَنَسُ كِتَابُ اللهِ اْلقِصَاصُ
فَرَضِيَ اْلقَوْمُ فَعَفَوْا، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنَّ مِنْ عِبَادِ اللهِ
مَنْ لَوْ اَقْسَمَ عَلَى اللهِ َلأَبَرَّهُ. البخارى و الخمسة الا الترمذى
Dari
Anas, bahwa sesungguhnya Rubayyi’ bibinya, telah mematahkan gigi seorang
perempuan, lalu mereka (keluarga Anas) mohon maaf tetapi mereka (keluarga
korban) menolak, kemudian mereka menawarkan denda, tetapi mereka tetap
menolak.
Lalu mereka datang kepada Rasulullah SAW, namun keluarga korban tetap hanya
menuntut qishash. Kemudian Rasulullah SAW memerintahkan (dilaksanakan) hukuman
qishash (kepada Rubayyi’) lalu Anas bin Nadlr bertanya, “Ya Rasulullah, apakah
akan dipatahkan gigi Rubayyi’ ? Demi Dzat yang
mengutusmu dengan benar, tidak akan dipatahkan giginya Rubayyi’ !”. Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Hai Anas,
Kitab Allah (menetapkan) qishash”. Lalu pihak keluarga korban
tersebut merasa puas dan mereka memaafkan (Rubayyi’). Kemudian Rasulullah
SAW bersabda, “Sesungguhnya diantara hamba-hamba Allah, ada orang yang kalau
ia bersumpah atas nama Allah, tentu Allah sempurnakan
sumpahnya itu”.
[HR. Bukhari dan Khamsah kecuali
Tirmidzi].
عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ اَنَّ رَجُلاً عَضَّ يَدَ رَجُلٍ فَنَزَعَ
يَدَهُ مِنْ فِيْهِ، فَوَقَعَتْ ثَنِيَّتَاهُ، فَاخْتَصَمُوْا اِلَى النَّبِيِّ ص
فَقَالَ: يَعَضُّ اَحَدُكُمْ يَدَ اَخِيْهِ كَمَا يَعَضُّ اْلفَحْلُ لاَ دِيَةَ
لَكَ. الجماعة الا ابا داود
Dari
Imran bin Hushain, sesungguhnya pernah ada seorang laki-laki menggigit tangan
seseorang, lalu ia menarik tangannya dari mulut
penggigit itu, kemudian tanggallah dua buah giginya. Kemudian mereka mengadukan
(hal mereka itu) kepada Nabi SAW, lalu Nabi SAW bersabda, “Salah seorang
diantara kamu menggigit tangan kawannya sebagaimana binatang pejantan menggigit,
tidak ada denda bagimu”.
[HR. Jamaah kecuali Abu Dawud].
عَنْ يَعْلَى بْنِ اُمَيَّةَ قَالَ: كَانَ لِى اَجِيْرٌ فَقَاتَلَ
اِنْسَانًا فَعَضَّ اَحَدُهُمَا صَاحِبَهُ، فَانْتَزَعَ اُصْبُعَهُ، فَاَنْدَرَ
ثَنِيَّتَهُ، فَسَقَطَتْ فَانْطَلَقَ اِلَى النَّبِيِّ ص، فَاَهْدَرَ ثَنِيَّتَهُ
وَ قَالَ: اَيَدَعُ يَدَهُ فِى فِيْكَ تَقْضَمُهَا كَمَا يَقْضَمُ اْلفَحْلُ؟
الجماعة الا الترمذى
Dari
Ya’la bin Umayyah, ia berkata : Aku mempunyai seorang
pekerja, kemudian bertengkar dengan seseorang, lalu salah seorang diantara
mereka itu menggigit tangan kawannya, kemudian yang digigit tangannya itu
menarik jari-jarinya sehingga gigi seri penggigit itu berdarah kemudian lepas.
Maka ia pergi kepada Nabi SAW kemudian Nabi SAW tidak memberikan qishash (maupun
tebusan) untuk giginya yang tanggal itu dan bersabda, “Apakah ia suruh
membiarkan saja tangannya dalam mulutmu yang kamu gigit seperti pejantan menggigit ?”.
[HR. Jama’ah kecuali Tirmidzi].
Keterangan
:
Pada
dua hadits tersebut, Nabi SAW tidak memberikan hak qishash maupun denda kepada korban
karena kesalahan terletak pada pihak korban sendiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar