. Cara membedakan darah haidl
عَنْ عُرْوَةَ عَنْ فَاطِمَةَ بِنْتِ اَبِى حُبَيْشٍ اَنَّهَا كَانَتْ
تُسْتَحَاضُ فَقَالَ لَهَا النَّبِيُّ ص: اِذَا كَانَ دَمُ اْلحَيْضَةِ فَاِنَّهُ
اَسْوَدُ يُعْرَفُ، فَاِذَا كَانَ كَذلِكَ فَاَمْسِكِى عَنِ الصَّلاَةِ. فَاِذَا
كَانَ اْلآخَرُ فَتَوَضَّئِى وَ صَلّى فَاِنَّمَا هُوَ عِرْقٌ. ابو داود
و النسائى، فى نيل الاوطار 1: 317
Dari ‘Urwah, dari Fathimah
binti Abu Hubaisy, sesungguhnya ia beristihadlah, lalu
Nabi SAW bersabda kepadanya, “Jika benar darah itu darah haidl, maka warnanya
hitam sebagaimana yang sudah dikenal, maka apabila benar demikian keadaannya,
tinggalkanlah shalat. Akan tetapi apabila berwarna lain, maka berwudlulah dan
shalatlah, karena sesungguhnya ia adalah dari gangguan urat”. [HR. Abu Dawud dan Nasai,
dalam Nailul Authar juz 1, hal. 317]
عَنْ اُمّ عَطِيَّةَ قَالَتْ: كُنَّا لاَ نَعُدُّ الصُّفْرَةَ وَ
اْلكُدْرَةَ بَعْدَ الطُّهْرِ شَيْئًا. ابو داود
و البخارى و لم يذكر بعد الطهر، فى نيل الاوطار 1: 320
Dari Ummu ‘Athiyah, ia
berkata, “Warna kuning dan keruh sesudah suci itu tidak kami anggap sesuatu
darah haidl”. [HR. Abu Dawud dan
Bukhari, tetapi Bukhari tidak menyebutkan kata-kata, “sesudah suci”, dalam
Nailul Authar juz 1, hal. 320]
Keterangan
:
Hadits-hadits tersebut
menunjukkan tentang cara membedakan sifat darah, yaitu
: Kalau darah itu warnanya hitam (merah kehitam-hitaman) berarti darah
haidl, dan kalau tidak demikian berarti darah istihadlah.
2.
Lamanya haidl
Tentang lamanya haidl, tidak
mesti sama. Hanya biasanya
wanita-wanita haidl selama 6 atau 7 hari, tetapi bisa juga kurang atau lebih
dari itu.
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: قَالَتْ فَاطِمَةُ بِنْتُ اَبِى حُبَيْشٍ
لِرَسُوْلِ اللهِ ص: اِنّى امْرَأَةٌ اُسْتَحَاضُ فَلاَ اَطْهُرُ، اَفَأَدَعُ
الصَّلاَةَ؟ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنَّمَا ذلِكِ عِرْقٌ، وَ لَيْسَ
بِاْلحَيْضَةِ. فَاِذَا اَقْبَلَتِ اْلحَيْضَةُ فَاتْرُكِى الصَّلاَةَ، فَاِذَا
ذَهَبَ قَدْرُهَا فَاغْسِلِى عَنْكِ الدَّمَ وَ صَلّى. البخارى
و النسائى و ابو داود، فى نيل الاوطار 1: 314
Dari ‘Aisyah, ia berkata : Fathimah binti Abu Hubaisy memberitahu kepada
Rasulullah SAW, “Sesungguhnya saya seorang perempuan yang beristihadlah, karena
itu saya tidak suci, bolehkah saya meninggalkan shalat ?”. Maka Rasulullah SAW
menjawab, “Sesungguhnya yang demikian itu hanya gangguan urat, bukan haidl. Oleh
karena itu bila datang haidl tinggalkanlah shalat, dan apa bila waktu haidl sudah habis, maka cucilah darah itu
darimu, dan shalatlah”. [HR. Bukhari, Nasai dan
Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 314]
و فى رواية
للجماعة الا ابن ماجه: فَاِذَا اَقْبَلَتِ اْلحَيْضَةُ فَدَعِى الصَّلاَةَ. فَاِذَا اَدْبَرَتْ
فَاغْسِلِى عَنْكِ الدَّمَ وَ صَلّى، فى نيل
الاوطار 1: 314
Dan
dalam satu riwayat oleh Jama’ah kecuali Ibnu Majah dikatakan, “Kemudian apabila
waktu haidl datang, maka tinggalkanlah shalat, dan apabila waktu haidl telah
lewat maka hendaklah kamu cuci darah darimu dan shalatlah”. [Dalam Nailul Authar juz
1, hal. 314]
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: جَائَتْ فَاطِمَةُ بِنْتُ اَبِى حُبَيْشٍ اِلَى
النَّبِيّ ص فَقَالَتْ: اِنّى امْرَأَةٌ اُسْتَحَاضُ فَلاَ اَطْهُرُ. اَفَأَدَعُ
الصَّلاَةَ؟ فَقَالَ لَهَا: لاَ اِجْتَنِبِى الصَّلاَةَ اَيَّامَ مَحِيْضِكِ، ثُمَّ
اغْتَسِلِى وَ تَوَضَّئِى لِكُلّ صَلاَةٍ. ثُمَّ صَلّى وَ اِنْ قَطَرَ الدَّمُ
عَلَى اْلحَصِيْرِ. احمد و
ابن ماجه، فى نيل الاوطار 1: 322
Dari ‘Aisyah, ia berkata : Fathimah binti Abu Hubaisy datang kepada Nabi SAW,
lalu ia bertanya : Sesungguhnya saya seorang wanita yang beristihadlah, karena
itu saya tidak suci, bolehkah saya meninggalkan shalat ?”. Kemudian Nabi SAW menjawab kepadanya, “Tidak, jauhilah shalat pada
hari-hari haidlmu, kemudian mandilah, dan berwudlulah untuk setiap shalat,
kemudian shalatlah walaupun darah itu menetes diatas tikar”. [HR. Ahmad dan Ibnu Majah,
dalam Nailul Authar juz 1, hal. 322]
عَنْ حَمْنَةَ بِنْتِ جَحْشٍ قَالَتْ: كُنْتُ اُسْتَحَاضُ حَيْضَةً
كَثِيْرَةً شَدِيْدَةً، فَاَتَيْتُ النَّبِيَّ ص اَسْتَفْتِيْهِ، فَقَالَ: اِنَّمَا
هِيَ رَكْضَةٌ مِنَ الشَّيْطَانِ، فَتَحِيْضِى سِتَّةَ اَيَّامٍ اَوْ سَبْعَةَ
اَيَّامٍ، ثُمَّ اغْتَسِلِى. فَاِذَا اسْتَنْقَأْتِ فَصَلّى اَرْبَعَةً وَ
عِشْرِيْنَ اَوْ ثَلاَثَةً وَ عِشْرِيْنَ وَ صُوْمِى وَ صَلّى. فَاِنَّ ذلِكَ
يُجْزِئُكِ. وَ كَذلِكَ فَافْعَلِى كُلَّ شَهْرٍ كَمَا تَحِيْضُ النّسَاءُ. فَاِنْ
قَوِيْتِ عَلَى اَنْ تُؤَخّرِى الظُّهْرَ وَ تُعَجّلِى اْلعَصْرَ، ثُمَّ
تَغْتَسِلِى حِيْنَ تَطْهُرِيْنَ، وَ تُصَلّى الظُّهْرَ وَ اْلعَصْرَ جَمِيْعًا.
ثُمَّ تُؤَخّرِيْنَ اْلمَغْرِبَ وَ تُعَجّلِيْنَ اْلعِشَاءَ. ثُمَّ تَغْتَسِلِيْنَ
وَ تَجْمَعِيْنَ بَيْنَ الصَّلاَتَيْنِ فَافْعَلِى، وَ تَغْتَسِلِيْنَ مَعَ
الصُّبْحِ وَ تُصَلّيْنَ. قَالَ: وَ هُوَ اَعْجَبُ اْلاَمْرَيْنِ
اِلَيَّ. الخمسة الا النسائى و صححه الترمذى و حسنه البخارى، فى بلوغ المرام :
43، ر:151
Dari Hamnah binti Jahsyin
RA, ia berkata : Aku pernah istihadlah yang banyak dan
deras, lalu saya datang kepada Nabi SAW meminta fatwanya, maka sabdanya, “Yang
demikian itu adalah gangguan dari syaithan, maka berhaidl lah kamu enam hari
atau tujuh hari, kemudian mandilah. Maka apabila kamu sudah merasa bersih,
shalatlah dua puluh empat atau dua puluh tiga hari, puasalah dan shalatlah,
karena yang demikian itu sudah mencukupimu. Dan demikian itu
lakukanlah setiap bulan sebagaimana wanita-wanita berhaidl. Dan apabila kamu kuat mengakhirkan Dhuhur dan menyegerakan ‘Ashar
(lakukanlah). Mandilah ketika kamu bersih dan shalatlah
Dhuhur dan ‘Ashar bersama. Kemudian kamu akhirkan
Maghrib dan menyegerakan ‘Isya’, kamu mandi dan mengumpulkan antara dua shalat,
lakukanlah. Dan kamu mandi waktu Shubuh dan
shalat”. Beliau bersabda, “Dan demikian itu adalah yang lebih aku sukai
dari yang lainnya”. [HR. Khamsah, kecuali
Nasai, dishahihkan oleh Tirmidzi dan dihasankan oleh Bukhari, dalam Bulughul
Maram hal. 43, no. 151]
3.
Larangan bagi wanita yang sedang haidl
Wanita yang sedang haidl
tidak boleh bersetubuh, shalat, thawaf dan tidak boleh
berpuasa.
وَ يَسْئَلُوْنَكَ عَنِ اْلمَحِيْضِ، قُلْ هُوَ اَذًى فَاعْتَزِلُوا
النّسَاءَ فِى اْلمَحِيْضِ وَ لاَ تَقْرَبُوْهُنَّ حَتّى يَطْهُرْنَ. فَاِذَا
تَطَهَّرْنَ فَأْتُوْهُنَّ مِنْ حَيْثُ اَمَرَكُمُ اللهُ. اِنَّ اللهَ يُحِبُّ
التَّوَّابِيْنَ وَ يُحِبُّ اْلمُتَطَهّرِيْنَ.
البقرة:222
Mereka bertanya kepadamu
tentang haidl. Katakanlah, “Haidl itu adalah kotoran”. Oleh sebab itu
hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidl, dan janganlah kamu
mendekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah
mereka itu ditempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan
membersihkan diri. [QS. Al-Baqarah : 222]
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ اَنَّ اْليَهُوْدَ كَانُوْا اِذَا حَاضَتِ
اْلمَرْأَةُ مِنْهُمْ لَمْ يُؤَاكِلُوْهَا وَ لَمْ يُجَامِعُوْهَا فِى اْلبُيُوْتِ.
فَسَأَلَ اَصْحَابُ النَّبِيّ ص، فَاَنْزَلَ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ: وَ
يَسْاَلُوْنَكَ عَنِ اْلمَحِيْضِ، قُلْ هُوَ اَذًى فَاعْتَزِلُوا النّسَآءَ فِى
اْلمَحِيْضِ ... الى
آخر الآية.
فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِصْنَعُوْا كُلَّ شَيْءٍ اِلاَّ النّكَاحَ و فى
لفظ: اِلاَّ
اْلجِمَاعَ. الجماعة
الا البخارى، فى نيل الاوطار 1: 323
Dari Anas bin Malik, bahwa
orang-orang Yahudi apabila istri-istrinya haidl, mereka tidak makan bersama-sama
dengannya, dan tidak mau tinggal bersama-sama dalam rumah. Lalu para shahabat
Nabi SAW bertanya (kepada beliau), kemudian Allah ‘Azza wa Jalla menurunkan firman-Nya, “Dan mereka bertanya kepadamu
tentang (hukum) haidl, katakanlah, “Dia itu kotoran”, karena itu jauhilah
perempuan-perempuan (istri-istri) yang sedang berhaidl .... “. Lalu Rasulullah
SAW bersabda, “Berbuatlah apasaja kecuali setubuh”. Dan di
dalam satu lafadh dikatakan, “kecuali jima' ”. [HR. Jama’ah kecuali
Bukhari, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 323]
عَنْ مَسْرُوْقِ بْنِ اَجْدَعَ قَالَ: سَأَلْتُ عَائِشَةَ رض: مَا
لِلرَّجُلِ مِنِ امْرَأَتِهِ اِذَا كَانَتْ حَائِضًا؟ قَالَتْ: كُلُّ شَيْءٍ اِلاَّ
اْلفَرْجَ. البخارى فى تاريخه، فى نيل الاوطار 1: 324
Dari Masruq bin Al-Ajda’, ia
berkata : Saya bertanya kepada ‘Aisyah, “Apa yang boleh
dilakukan oleh seorang laki-laki terhadap istrinya yang sedang haidl ?”. Ia
menjawab, “Apasaja boleh, kecuali farjinya”. [HR. Bukhari di dalam
tarikhnya, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 324]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنِ النَّبِيّ ص فِى الَّذِي يَأْتِى امْرَأَتَهُ
وَ هِيَ حَائِضٌ يَتَصَدَّقُ بِدِيْنَارٍ اَوْ بِنِصْفِ دِيْنَارٍ. الخمسة،
، فى نيل الاوطار 1: 325
Dari Ibnu ‘Abbas, dari Nabi
SAW, tentang orang yang menyetubuhi istrinya, padahal ia sedang haidl, yaitu,
“Hendaknya ia memberi sedeqah dengan satu dinar, atau dengan setengah
dinar”.
[HR. Khamsah, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 325]
عَنْ مُعَاذَةَ قَالَتْ: سَأَلْتُ عَائِشَةَ فَقُلْتُ: مَا بَالُ
اْلحَائِضِ تَقْضِى الصَّوْمَ وَ لاَ تَقْضِى الصَّلاَةَ؟ فَقَالَتْ: كَانَ
يُصِيْبُنَا ذلِكَ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص. فَنُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوْمِ وَ لاَ
نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّلاَةِ. الجماعة،
فى نيل الاوطار 1: 328
Dari Mu’adzah, ia berkata : Saya bertanya kepada ‘Aisyah, “Mengapa perempuan
yang haidl itu menqadla puasa dan tidak menqadla shalat ?”. Maka ia menjawab, “Begitulah memang yang kami alami bersama
Rasulullah SAW, yaitu kami diperintahkan mengqadla puasa dan tidak diperintahkan
mengqadla shalat”. [HR. Jama’ah, dalam Nailul
Authar juz 1, hal. 328]
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: لَمَّا جِئْنَا سَرِفَ حِضْتُ. قَالَ
النَّبِيُّ ص: اِفْعَلِى مَا يَفْعَلُ اْلحَاجُّ غَيْرَ اَنْ لاَ تَطُوْفِى
بِاْلبَيْتِ حَتَّى تَطْهُرِى. متفق
عليه فى حديث طويل، فى بلوغ المرام: 45، ر: 159
Dari ‘Aisyah RA, tatkala
kami sampai di Sarif saya berhadil. Maka Nabi SAW bersabda, “Lakukanlah segala
yang dilakukan oleh orang yang berhajji, hanyasaja tidak boleh berthawaf di
Baitullah sehingga kamu suci”. [HR.Muttafaq ‘alaih, dalam
hadits yang panjang, dalam Bulughul Maram hal. 45, no.
159]
4.
Suami boleh menyetubuhi istrinya dalam keadaan istihadlah
عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ حَمْنَةَ بِنْتِ جَحْشٍ اَنَّهَا كَانَتْ
تُسْتَحَاضُ وَ كَانَ زَوْجُهَا يُجَامِعُهَا. ابو
داود، فى نيل الاوطار 1: 330
Dari ‘Ikrimah, dari Hamnah
binti Jahsy, bahwa ia (pernah) beristihadlah, sedang suaminya
menyetubuhinya”. [HR. Abu Dawud, dalam
Nailul Authar juz 1, hal. 330]
عَنْ عِكْرِمَةَ قَالَ: كَانَتْ اُمُّ حَبِيْبَةَ تُسْتَحَاضُ وَ كَانَ
زَوْجُهَا يَغْشَاهَا. ابو
داود، فى نيل الاوطار 1: 330
Dari 'Ikrimah, ia berkata,
"Adalah Ummu Habibah beristihadlah dan suaminya menyetubuhinya". [HR. Abu Dawud, dalam
Nailul Authar juz 1, hal. 330]
5.
Nifas
عَنْ عَلِيّ بْنِ عَبْدِ اْلاَعْلَى عَنْ اَبِى سَهْلٍ وَ اسْمُهُ
كَثِيْرُ بْنُ زِيَادٍ عَنْ مَسَّةَ اْلاَزْدِيَّةِ عَنْ اُمّ سَلَمَةَ قَالَتْ:
كَانَتِ النُّفَسَاءُ تَجْلِسُ عَلَى عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ ص اَرْبَعِيْنَ يَوْمًا
وَ كُنَّا نَطْلِى وُجُوْهَنَا بِاْلوَرْسِ مِنَ اْلكَلَفِ. الخمسة
الا النسائى، فى نيل الاوطار 1: 331
Dari ‘Ali bin ‘Abdil A’laa,
dari Abu Sahal (namanya sendiri : Katsir bin Ziyad),
dari Massah Al-Azdiyah, dari Ummu Salamah ia berkata, “Adalah wanita-wanita
nifas di masa Rasulullah SAW tidak shalat selama 40 hari, dan kami memakai pilis
pada wajah-wajah kami dengan warna merah tua yang terbuat dari daun
wars”. [HR.
Khamsah kecuali Nasai, dalam Nailul Authar juz 1, hal.
331]
عَنْ اُمّ سَلَمَةَ رض قَالَتْ: كَانَتِ اْلمَرْأَةُ مِنْ نِسَاءِ
النَّبِيّ ص تَقْعُدُ فِى اْلنّفَاسِ اَرْبَعِيْنَ لَيْلَةً لاَ يَأْمُرُهَا
النَّبِيُّ ص بِقَضَاءِ صَلاَةِ النّفَاسِ. ابو
داود، فى نيل الاوطار 1: 332
Dari Ummu Salamah RA, ia
berkata : Adalah seorang wanita diantara istri-istri
Nabi SAW, tidak shalat diwaktu nifas selama 40 hari, dan Nabi SAW tidak
memerintahkannya mengqadla shalat karena nifas”. [HR. Abu Dawud, dalam
Nailul Authar juz 1, hal. 332]
Keterangan
:
Dalil-dalil yang
menunjukkkan batas waktu nifas 40 hari, satu sama lain
saling kuat menguatkan, sehingga sampai kepada tingkatan boleh dipakai dan
diterima, bahwa 40 hari itu menjadi suatu batas yang tertentu. Oleh karena itu
wanita yang nifas wajib meninggalkan shalat 40 hari, kecuali jika ia melihat dirinya telah bersih sebelum itu. Adapun hukumnya
nifas itu sama dengan haidl dalam semua
hal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar